Pj Bupati Mappi Teken MoU dengan Bank Papua

MAPPI, pojokpapua.id – Pemerintah Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan (PPS) melalui Badan Pengawasan Keuangan Daerah (BPKD) menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Papua terkait penerapan CMS Kas Daerah – FMIS dan payroll gaji di lingkup Pemkab Mappi.

Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Pj Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, SSTP MSi dengan Direktur Operasional Bank Papua, Isak S Wopari yang berlangsung di pendopo, Senin (18/9/2023).

“Hari ini kita melakukan penandatangan kerjasama dengan Bank Papua dalam rangka mewujudkan good government. Dalam rangka transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah,”ungkap Pj Bupati Mappi.

Dikatakan Pj Bupati dengan adanya MoU tersebut, para kepala OPD dapat memanfaatkan aplikasi FMIS CMS dalam rangka pengelolaan keuangan yang lebih baik. Salah satunya pembayaran gaji baik ASN maupun pegawai kontrak daerah harus melalui Bank Papua sebagai kas daerah.

“Apabila kita tidak melakukan ini, maka sampai kapan kita baru berkembangan dan maju. Termasuk pembayaran gaji yang sampai saat ini masih terbagi di dua bank berbeda. Kebijakan saya, kembalikan semuanya ke Bank Pemerintah (Bank Papua) PNS, PKD semua wajib mempunyai rekening Bank Papua, sehingga terkoordinir pengelolaan keuangan secara bertanggungjawab yang punya SK Bupati tentang penunjukan Bank kas daerah itu Bank Papua,”tegasnya.

Pada Tahun 2022, Pemkab Mappi sudah melakukan MoU atau kerja sama dengan BPKP untuk menggunakan Simda BPKP yang sebelumnya dikelola pihak ketiga sehingga menimbulkan pemborosan.

Tidak hanya itu, dalam penyusunan perencanaan sampai pengelolaan anggaran serta pertanggungjawaban yang dilakukan oleh BPKD dan Bappeda melibatkan konsultan yang menandakan kemunduran aparatur pemerintah. Padahal sekarang ini aparatur dituntut untuk berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Untuk itu Pj Bupati mendorong adanya perubahan dalam tata kelola pemerintahan, tidak gunakan pola lama untuk kepentingan pribadi. “Beberapa hal yang menjadi perhatian kami sampai dengan saat ini dalam penyusunan perubahan APBD, kami melihat masih banyak sekali hal-hal yang membutuhkan perbaikan,kita mesti mengakui masih memiliki keterbatasan SDM aparatur itu sangat terbatas salah satu contoh penganggaran yang tidak sesuai dengan belanja, penginputan belanja yang tidak sesuai dengan sub program kegiatan,”sebutnya.

Salah satu hal yang akan diterapkan adalah Simda versi 5 dalam pengelolaan keuangan dan juga pendampingan penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Sementara itu Direktur Operasional Bank Papua, Isak S. Wapori menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Mappi dalam hal ini  Pj Bupati Mappi dan seluruh masyarakat yang telah mempercayakan Bank Papua untuk hadir bekerja serta memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Mappi.

“Meski sekarang ini ada pemekaran DOB di enam provinsi di Tanah Papua tetapi yang masih menyatukan kita semua adalah Bank Papua. Atas nama Direksi kami menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati yang telah memberikan kami kesempatan bekerja melayani dan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat di Kabupaten Mappi,”sebutnya(*)

Sumber: Pojok Papua Read More

Pos terkait