Wujud Bhinneka Tunggal Ika di Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Provinsi Papua

JAYAPURA | Indonesia lahir dari keberagaman adat dan budaya. Seperti yang tercermin dalam semboyan bangsa Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini juga tertulis dalam lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila.

Kendati terdiri dari berbagai adat budaya yang berbeda, tetapi Indonesia tetap utuh dalam persatuan. Seperti itulah keberagaman Indonesia pun tercermin saat upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaa Republik Indonesia di Lapangan Stadion Mandala Jayapura, Papua, Kamis (17/8/2023).

Umbul-umbul merah dan putih menghiasi sepanjang Stadion Mandala. Sudut-sudut tribun tempat duduk sudah penuh dengan tamu undangan yang sebagian mengenakan pakaian adat daerah.  Pemandangan itu lah yang terlihat saat upacara hari kemerdekaan.

Upacara bendera dan acara perayaan kemerdekaan Indonesia yang dilangsungkan di Stadion Mandala merupakan upacara sakral. Upacara kemerdekaan tidak hanya sebagai upacara pengibaran bendera sang Merah Putih dan pembacaan teks proklamasi semata. Melainkan menjadi kesempatan untuk menampilkan keragaman adat budaya bangsa yang dimiliki Indonesia.

Plh Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun dan  sebagian pejabat hingga tamu hadir dengan mengenakan ornamen adat dari Papua seperti topi bulu kasuari dan cenderawasih berbahan imitasi. Sebagian lagi ada yang menggunakan adat Jawa, Sulawesi dan Sumatera.
Stadion Mandala pun  menjadi tampak begitu warna-warni dan semakin meriah dengan kehadiran para tamu undangan dalam balutan busana adat tersebut.

Artikel ini telah tayang di seputarpapua.com
LINK SUMBER : Wujud Bhinneka Tunggal Ika di Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Provinsi Papua

Pos terkait