PLTMG Uji Coba Energizing Tegangan Gardu Induk dan Transmisi 150 Kilo Volt

Manager PT. PLN (Persero) UP3 Timika Mahly J. Kbarek. (Foto:Salampapua.com/Evita)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pembangkit Listrik Mesin Gas (PLTMG) Pomako uji coba energizing (pemberian tegangan) gardu induk (GI) dan jaringan transmisi 150 Kilo Volt (kV) yang akan menggantikan jaringan lama berkapasitas 20 kV.

Meneger PT. PLN (Persero) UP3 Timika Mahly J. Kbarek mengatakan, PLN Wilayah Unit Pelaksanan Proyek jaringan transmisi 150 kV dan PLN Timika bersama-sama melihat secara langsung energizing jaringan 150 kV.

“Hari ini kalau energizingnya berjalan sukses, berarti tahun depan kita akan melayani dengan jaringan 150 kV di Timika,” ujar Mahly saat ditemui di Puskesmas Mapurjaya, Distrik Mimika Timur, Rabu (28/12/2022).

Disampaikan, selama ini listrik di Timika dipasok melalui jaringan 20 kV, dan akan digantikan dengan tegangan 150 kV. Ini berarti dapat memperkuat tegangan, memperluas jangkauan, mengakomodir pertumbuhan beban, dan mempercepat proses distribusi ke pelanggan. 

Mahly juga mengungkapkan pengujian jaringan transmisi di Timika berupa Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang membentang dari pembangkit listrik mesin gas (PLTMG) Pomako wilayah Sp4 sepanjang 40 kilo meter sirkit (kms), ditambah dengan trafo kapasitas 10 Mega Volt Ampere (MVA).

Wartawan: vita

Editor: Acik

Sumber: SALAM PAPUA Read More

Pos terkait