Pimpin Apel Perdana, Valentinus Ingatkan Pegawai Jaga Netralitas

TIMIKA, Seputarpapua.com | Penjabat Bupati Mimika, Papua Tengah, Valentinus Sudarjanto Sumito memimpin apel gabungan di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (9/9/2024).

Apel perdana kali ini dihadiri ratusan aparatur sipil negara (ASN) dari seluruh OPD, distrik, kelurahan dan kampung. Valentinus mengaku senang bisa berkumpul kembali dengan para pegawai di lingkup Pemkab Mimika.

“Saya senang bisa bersama-sama dengan bapak ibu kembali,” katanya.

Valentinus diangkat menjadi Penjabat Bupati sesuai SK Mendagri tertanggal 6 September 2024, bersamaan dengan
berakhirnya masa jabatan bupati Eltinus Omaleng dan wakil bupati Johannes Rettob.

“Itu sesuai dengan aturan undang-undang yang mengatur, 6 September kepemimpinan beliau berakhir, secara otomatis ditunjuk penjabat bupati,” katanya.

Ia mengungkapkan, ada 9 nama yang diusulkan kepada presiden, diantaranya 3 nama dari Mimika, 3 nama dari Provinsi dan 3 nama dari Kemendagri dan Ia dipilih karena sudah berpengalaman memimpin birokrasi di Mimika selama 2,5 bulan.

“Ini (ditunjuk kembali) dibutuhkan untuk percepatan akhir tahun dan agenda nasional, kalau orang baru kan harus penyesuaian lagi,” katanya.

Ia mengingatkan, kepada seluruh pegawai bahwa menjelang Pilkada pada November 2024 nanti, harus menjaga netralitas agar tidak diragukan integritas oleh masyarakat.

“Ada yang meragukan tanggung jawab kita sebagai ASN, sehingga netralitas bapak ibu dijaga. Tidak sedikit orang yang meragukan bahwa kedatangan Pj bupati adalah titipan, untuk mendukung 1 orang, itu tidak benar,” ucapnya tegas.

Ia mengajak seluruh pegawai untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa bisa bersama-sama membangun Mimika. “Tunjukkan profesionalisme kita,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di seputarpapua.com
LINK SUMBER : Pimpin Apel Perdana, Valentinus Ingatkan Pegawai Jaga Netralitas

Pos terkait